Mengenal Candi Prambanan, Candi Hindu Terbesar di Indonesia

Candi Prambanan adalah kompleks candi Hindu terbesar di Indonesia yang terletak sekitar 17 kilometer di sebelah timur Kota Yogyakarta. Candi ini dibangun pada abad ke-9 oleh dinasti Sanjaya sebagai penghormatan kepada para dewa Hindu, terutama Siwa.

Kompleks Prambanan terdiri dari tiga candi utama, yaitu Candi Siwa, Candi Wisnu dan Candi Brahma, yang dianggap sebagai simbol ketiga dewa utama dalam kepercayaan umat Hindu. Selain itu, ada juga tiga candi kecil yang terletak di sebelah barat dari tiga candi utama, serta ratusan candi kecil lainnya yang tersebar di sekitar kompleks.

Candi Prambanan diakui sebagai salah satu Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada tahun 1991, dan menjadi salah satu objek wisata paling populer di Indonesia. Selain sebagai tempat wisata, kawasan candi juga sering digunakan sebagai lokasi pertunjukan tari Ramayana pada malam hari, yang menampilkan cerita dari epik Hindu, Ramayana.

Daya Tarik Wisata Candi Prambanan

Candi Prambanan memiliki beragam daya tarik yang membuatnya menjadi salah satu destinasi sejarah paling hits di Indonesia. Beberapa daya tarik wisata dari situs bersejarah ini antara lain:

Keindahan Arsitektur Candi

Candi Prambanan memiliki arsitektur yang sangat indah dan mengagumkan. Bangunan-bangunan ini terbuat dari batu andesit yang diukir dengan sangat rapi dan detail, menghasilkan bentuk-bentuk yang sangat halus dan indah.

Sejarah dan Budaya

Candi Prambanan merupakan situs sejarah dan budaya yang sangat penting bagi masyarakat Indonesia. Bangunan-bangunan ini memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi dan menjadi saksi bisu kejayaan Kerajaan Mataram Kuno pada abad ke-9.

Lokasi Candi Prambanan Strategis

Candi ini terletak di daerah yang sangat strategis dan mudah dijangkau. Lokasinya yang dekat dengan Kota Yogyakarta dan beberapa objek wisata terkenal seperti Candi Borobudur dan Keraton Yogyakarta, membuatnya menjadi tujuan wisata yang sangat populer.

Pertunjukan Tari Ramayana

Pada malam hari, Candi Prambanan menjadi lokasi pertunjukan untuk tari Ramayana. Pertunjukan ini sangat spektakuler dan menampilkan kisah-kisah dari epik Hindu, Ramayana, dengan latar belakang candi yang begitu indah.

Keindahan Alam

Selain bangunannya yang indah, tempat ini juga dikelilingi oleh keindahan alam yang menakjubkan. Di sekitar kompleks candi terdapat sawah, perkebunan, dan hutan yang sangat asri dan menyejukkan.

Rute Menuju Lokasi Candi Prambanan

Untuk menuju Candi Prambanan, terdapat beberapa pilihan rute yang bisa dilalui, antara lain:

  • Dari Kota Yogyakarta: Prambanan berjarak sekitar 17 km dari Kota Yogyakarta. Jika Anda berangkat dari Kota Yogyakarta, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti angkutan kota atau taksi. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung dari lalu lintas.
  • Dari Bandara Adisucipto: Bandara Adisucipto merupakan bandara internasional terbesar di Yogyakarta dan terletak sekitar 10 km dari Candi Prambanan. Jika Anda tiba di Bandara Adisucipto, Anda bisa menggunakan taksi atau kendaraan sewa untuk menuju ke lokasi candi. Waktu tempuhnya sekitar 20-30 menit tergantung dari lalu lintas.
  • Dari Stasiun Tugu: Stasiun Tugu adalah stasiun kereta api utama di Kota Yogyakarta. Jika Anda tiba di Stasiun Tugu, Anda bisa menggunakan taksi atau transportasi umum seperti angkutan kota untuk menuju ke Candi Prambanan. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit hingga 1 jam tergantung dari lalu lintas.
  • Dari Candi Borobudur: Candi Borobudur berjarak sekitar 40 km dari Candi Prambanan. Jika Anda ingin mengunjungi kedua tempat tersebut dalam satu hari, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi, taksi, atau tur wisata yang disediakan oleh agen perjalanan. Waktu tempuhnya sekitar 1-2 jam tergantung dari lalu lintas.
  • Dari Jalan Solo: Jalan Solo merupakan jalan nasional yang menghubungkan Yogyakarta dengan Solo. Jika Anda berangkat dari Solo, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi umum seperti bus atau taksi. Waktu tempuhnya sekitar 1-2 jam tergantung dari lalu lintas.

Tips Berkunjung ke Candi Prambanan

Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam berkunjung ke Candi Prambanan:

  1. Pilih Waktu yang Tepat: Candi Prambanan dapat dikunjungi sepanjang tahun, namun sebaiknya hindari mengunjungi pada musim liburan atau akhir pekan karena biasanya akan lebih ramai dan padat.
  2. Kenakan Pakaian yang Tepat: Sebagai tempat ibadah, pengunjung diharapkan untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tertutup. Hindari mengenakan pakaian yang terlalu ketat atau terbuka.
  3. Gunakan Kacamata Hitam dan Topi: Candi Prambanan terletak di daerah terbuka dan panas, sehingga disarankan untuk mengenakan kacamata hitam dan topi untuk melindungi diri dari sinar matahari.
  4. Siapkan Kendaraan: Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan Anda dalam kondisi baik dan siap untuk menempuh jarak yang cukup jauh. Anda juga bisa menggunakan transportasi umum seperti bus atau taksi.
  5. Siapkan Uang Tunai: Di sekitar candi, terdapat banyak pedagang yang menjual oleh-oleh dan makanan khas daerah tersebut. Sebaiknya siapkan uang tunai untuk memudahkan transaksi di tempat tersebut.
  6. Datang Pagi: Candi Prambanan buka pada pukul 06.00 pagi, datanglah sepagi mungkin agar Anda dapat menikmati keindahan candi dengan lebih tenang dan tidak terlalu ramai.
  7. Ikuti Aturan yang Ada: Selalu patuhi aturan dan petunjuk yang ada di sekitar Candi, seperti tidak merokok atau membuang sampah sembarangan.
  8. Jangan Lupa Kamera: Prambanan memiliki keindahan yang sangat memukau, jangan lupa untuk membawa kamera untuk mengabadikan momen-momen indah selama berkunjung.

Objek Wisata Dekat Candi Prambanan

Di sekitar Candi Prambanan terdapat beberapa objek wisata yang menarik untuk dikunjungi, antara lain:

Candi Sewu

Candi Sewu adalah sebuah kompleks candi Buddha yang terletak sekitar 800 meter dari Prambanan. Kompleks candi ini terdiri dari sekitar 250 bangunan candi yang tersebar di sekitar tiga halaman terpisah. Candi Sewu dapat dicapai dengan berjalan kaki atau naik becak dari Candi Prambanan.

Candi Ratu Boko

Candi Ratu Boko, sebuah situs arkeologi yang terletak sekitar 3 km dari kawasan Prambanan. Situs ini menawarkan pemandangan nan indah, terutama saat matahari terbenam. Wisatawan dapat menikmati keindahan pemandangan dan menikmati makan malam di area taman.

Air Terjun Kedung Pedut

Air Terjun Kedung Pedut adalah sebuah air terjun yang terletak sekitar 7 km dari situs bersejarah ini. Air terjun ini dikelilingi oleh alam yang hijau dan menyegarkan. Wisatawan dapat berenang dan menikmati keindahan alam di sekitar air terjun.

Desa Wisata Sambisari

Desa Wisata Sambisari adalah sebuah desa wisata yang terletak sekitar 7 km dari Candi Prambanan. Desa ini menawarkan pengalaman berwisata yang unik, dengan memperkenalkan kehidupan dan kebudayaan masyarakat setempat. Wisatawan dapat belajar membuat kerajinan tangan, memetik buah, atau mencoba memasak makanan tradisional.

Museum Ullen Sentalu

Museum Ullen Sentalu adalah sebuah museum seni dan budaya Jawa yang terletak sekitar 20 km dari lokasi candi. Museum ini menawarkan koleksi seni dan budaya Jawa yang indah dan mempesona, termasuk keramik, patung, wayang, dan pakaian adat. Museum Ullen Sentalu dapat dicapai dengan naik mobil atau angkutan umum.

Itulah berbagai hal menarik seputar Candi Prambanan yang sarat histori di Kabupaten Sleman, Jogja. Selain berkunjungi ke candi ini, ada baiknya juga sekali menjelajah ke Candi Borobudur.